5 Cara Mengatasi Parallel Space Error di Android (Force Close)

Jika dilihat dari fungsinya, Parallel Space merupakan salah satu aplikasi yang sangat berguna. Dengan aplikasi ini, Sobat Androbuntu dapat memasang 2 aplikasi yang sama dalam satu perangkat.

Contohnya adalah kamu dapat memasang 2 WhatsApp dalam 1 HP Android yang sama dan menggunakan 2 akun WhatsApp yang berbeda. Jadi, kamu tidak perlu beli 2 HP hanya sekedar untuk menggunakan 2 WhatsApp.

Keren ‘kan?

Parallel Space juga sering digunakan para pengguna Android untuk memasang 2 game yang sama dalam 1 perangkat. Jadi mereka dapat bermain menggunakan 2 akun yang berbeda dalam 1 HP Android.

Dibalik fungsinya yang keren, terkadang aplikasi ini juga dapat mengalami error loh Sobat Androbuntu. Beberapa error yang sering dialami oleh Parallel Space yaitu force close, berhenti sendiri, tidak bisa dibuka, dan semacamnya.

Ini sebenarnya termasuk ke dalam kategori error ringan. Tapi tetap saja, error seperti ini akan membuat kita kesulitan menggunakan Parallel Space dengan nyaman.

Karenanya di artikel kali ini saya akan menunjukkan ke kalian bagaimana cara untuk mengatasi aplikasi Parallel Space yang error di HP Android.

Baca juga: Aplikasi Kloning Terbaik di Android

1. Paksa Berhenti Parallel Space

Langkah pertama yang dapat kalian coba untuk menghentikan Parallel Space dari error yaitu dengan menghentikannya dari berjalan di latar belakang.

Berikut ini caranya:

  • Buka menu Setelan > Aplikasi > Parallel Space > Paksa berhenti
Cara Mengatasi Parallel Space Error di Android (Force Close) by Androbuntu.com 1

Silahkan coba buka kembali Parallel Space setelah Sobat Androbuntu mengikuti tutorial diatas.

Biasanya di sebagian besar kasus Parallel Space akan dapat digunakan kembali seperti biasanya.

2. Hapus Cache Aplikasi Parallel Space

Jika kamu sering baca Androbuntu, kamu pasti sudah tahu ‘kan apa itu cache? Cache di Parallel Space cukup banyak, dan terkadang bila tidak dibersihkan akan menyebabkan aplikasi berjalan lambat hingga mengakibatkan error.

Karenanya, cache di aplikasi ini perlu dihapus secara berkala menggunakan aplikasi khusus ataupun secara manual. Untuk kamu yang suka cara manual, bisa ikuti cara dibawah ini:

  • Buka menu Setelan
  • Pilih menu Aplikasi
  • Pilih Parallel Space
  • Klik menu Penyimpanan
  • Klik tombol Hapus Cache
Cara Mengatasi Parallel Space Error di Android (Force Close) by Androbuntu.com 2

Setelah langkah-langkah diatas dilakukan, langsung buka kembali Parallel Space kamu dan gunakan seperti biasa. Jika kalian ingin menggunakan bantuan aplikasi tambahan, kalian dapat menggunakan aplikasi seperti CCleaner.

3. Hapus Data Parallel Space

Untuk mendukung kinerjanya, Parallel Space akan menyimpan beberapa data ke penyimpanan internal HP Android. Kamu bisa hapus data tersebut untuk mengatasi error seperti force close.

Tenang saja, menghapus data ini sangat aman. Karena ketika dibuka kembali, Parallel Space akan langsung memperbarui data tersebut.

Berikut ini caranya:

  • Buka menu Setelan > Aplikasi > Parallel Space > Penyimpanan > Hapus penyimpanan
Cara Mengatasi Parallel Space Error di Android (Force Close) by Androbuntu.com 3

Setelah itu buka kembali aplikasi Parallel Space milik Sobat Androbuntu. Maka kamu akan bisa menggunakannya seperti biasa, tidak ada lagi error.

4. Restart HP Android Kalian

Me-restart HP Android juga dapat membuat error di Parallel Space hilang. Tidak percaya? Coba saja. Namun dengan catatan, error yang terjadi merupakan error ringan, bukan error berat.

Langsung saja, restart HP Android kamu lalu buka kembali Parallel Space seperti biasa. Jika kamu beruntung, maka error langsung hilang.

Merestart hp android adalah salah satu cara untuk mengatasi aplikasi yang error. Fungsi merestart adalah untuk mematikan dan menghidupkan kembali HP Android secara otomatis. Dengan merestart, hp android akan membersihkan cache, memori, dan proses yang tidak perlu.

Hal ini dapat membantu memperbaiki aplikasi yang error, lambat, atau macet. Merestart juga dapat menghemat baterai dan meningkatkan kinerja hp android. Jumlah kata: 70.

5. Install Ulang Parallel Space

Langkah terakhir ini hanya boleh kamu lakukan jika sudah mencoba cara-cara diatas tapi Parallel Space tetap error.

Caranya adalah dengan menghapus aplikasi Parallel Space dari HP Android kamu.

Kemudian install kembali dari Google Play Store.

Namun perlu diingat bahwa memasang ulang aplikasi Parallel Space akan menghapus data-data aplikasi dan game yang kamu pasang sebelumnya.

Jadi pastikan kamu sudah mem-backup semua data tersebut sebelum melakukan pemasangan ulang Parallel Space.

Dengan begitu kamu dapat melanjutkan bermain game ataupun menggunakan aplikasi yang sebelumnya pernah kamu pasang di Parallel Space.

Ikuti TikTok Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar