5 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Linux

Untuk kamu yang sering menggunakan internet, tentu kamu akan memiliki banyak akun. Mulai dari media sosial, situs pencari kerja, forum, dan masih banyak lagi.

Mengingat semua alamat email, username dan password untuk semua akun yang kamu miliki adalah hal yang mustahil. Kecuali jika kamu menggunakan username dan password yang sama untuk semua akun yang kamu miliki.

Permasalahannya adalah, dengan menggunakan username dan password yang sama sangatlah tidak aman. Akun-akun kamu akan bermasalah jika salah satunya di hack.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat menggunakan aplikasi password manager dibawah ini untuk membantu kamu menyimpan semua password yang kamu miliki dengan mudah.

Baca juga: 5 Aplikasi Password Manger Terbaik untuk Android

1. Bitwarden

Manager Password Terbaik di Linux by Androbuntu 1

Bitwarden adalah password manager yang saya gunakan saat ini. Berdasarkan pengalaman saya mencoba berbagai aplikasi password manager, menurut saya Bitwarden merupakan salah satu yang terbaik.

Bitwarden dapat digunakan secara gratis dan tersedia di berbagai platform, mulai dari Linux, Mac, Windows hingga Android dan iOS. Versi premiumnya bahkan sangat murah, hanya $1 per bulan.

Pengembangan Bitwarden juga sangat cepat. Ada fitur baru yang ditambahkan ke aplikasi di hampir setiap minggunya.

2. KeePassX

Manager Password Terbaik di Linux by Androbuntu 2

Manager password yang satu ini awalnya bernama KeePass/L, karena merupakan cabang dari aplikasi Windows bernama KeePass Password Safe. Namun selanjutnya KeePass/L tersedia untuk banyak platform, jadi namanya diubah menjadi KeePassX.

KeePassX dapat menyimpan banyak informasi, mulai dari username, password, URL, attachment dan komentar dalam satu database tunggal. Setiap informasi login yang Sobat Androbuntu simpan dapat dipisahkan ke dalam folder yang berbeda-beda, sehingga lebih mudah untuk diatur.

Juga terdapat kolom pencarian untuk memudahkan kamu jika ingin mencari informasi password lebih cepat.

3. KeePass Password Manager

Manager Password Terbaik di Linux by Androbuntu 3

Kamu dapat menyimpan seluruh password ke dalam satu aplikasi bernama KeePass Password Manager. Dan semua password kamu akan diamankan dengan satu master password.

Jadi kamu hanya perlu mengingat satu password, sedangkan password lainnya dapat di salin melalui aplikasi ini. Jangan khawatir dengan file database berisi password kamu, karena file tersebut telah di enkripsi dengan algoritma AES dan Twofish.

Satu lagi, KeePass tidak membutuhkan installasi karena merupakan aplikasi portabel dan memiliki banyak sekali fitur.

4. Password Gorilla

Manager Password Terbaik di Linux by Androbuntu 4

Salah satu aplikasi dengan nama yang cukup unik. Password Gorilla merupakan salah satu manager password populer untuk lintas platform, termasuk Linux, macOS dan Windows.

Cara kerja Password Gorilla kurang lebih sama dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya dalam daftar ini. Aplikasi ini akan menyimpan seluruh file kamu dalam satu file terenkripsi.

Setiap kali kamu ingin login ke satu website atau layanan, tinggal salin saja password dan usernamenya lalu paste ke browser. Password Gorilla juga memiliki fitur untuk membuat password yang kuat dan tidak dapat ditebak.

Cocok untuk kmau yang ingin membuat password yang kuat secara cepat tanpa perlu berpikir.

5. Universal Password Manager

Manager Password Terbaik di Linux by Androbuntu 5

Universal Password Manager merupakan aplikasi pengelola password yang simpel, ringan dan cepat. Sangat cocok untuk kamu yang mencintai kecepatan seperti saya.

Aplikasi ini juga menggunakan AES untuk mengenkripsi setiap password yang kamu simpan, jadi sangat aman. Selain tersedia untuk Linux, juga tersedia di sistem operasi Android, macOS dan Windows.

Kamu juga akan menyukai aplikasi ini karena adanya shortcut untuk mempercepat penggunaan. Dan yang terpenting, aplikasi ini gratis.

Ikuti TikTok Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar