10 Aplikasi Pesan Instan Terbaik untuk Android Selain WhatsApp

Aplikasi chatting atau pesan instan merupakan salah satu aplikasi yang paling sering dipasang para pengguna HP Android di HP mereka. Aplikasi jenis ini memang sangat penting karena dapat membantu kita untuk berkomunikasi.

Saat ini WhatsApp masih menjadi aplikasi pesan instan terpopuler, terutama untuk para pengguna Android. Tapi, tahukah kamu ada banyak aplikasi pesan instan lain dengan fitur yang lebih menarik dari WhatsApp?

Dalam artikel ini, Androbuntu akan mengulas 10 aplikasi pesan instan terbaik untuk Android selain WhatsApp. Siapa tahu ada salah satu yang terttarik untuk kamu coba.

Baca juga: 5 Aplikasi Catatan Terbaik untuk Android

1. Google Chat

Google Chat adalah aplikasi pesan instan yang baru dirilis oleh Google untuk pengguna G Suite dan Workspace. Aplikasi ini menawarkan pengalaman pengguna yang lebih modern dengan desain yang sederhana dan mudah digunakan.

Salah satu fitur menarik dari Google Chat adalah kemampuan untuk membuat ruang obrolan dengan berbagai anggota tim dan mengatur pesan berdasarkan topik.

Ini membuatnya lebih mudah untuk mengikuti percakapan yang terjadi di tempat kerja dan menghindari kebingungan antara berbagai topik yang dibahas.

2. Signal

Signal adalah aplikasi pesan instan yang sangat populer dan diakui keamanannya oleh banyak pengguna.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, panggilan suara, dan video secara gratis dengan enkripsi end-to-end, yang berarti bahwa hanya pengirim dan penerima yang dapat membaca pesan tersebut.

Signal juga menawarkan berbagai fitur keamanan yang membuatnya sangat diminati oleh pengguna yang memprioritaskan privasi. Aplikasi ini tidak mengumpulkan data pribadi pengguna dan tidak menampilkan iklan.

3. Skype

Skype adalah aplikasi komunikasi video dan pesan instan yang telah ada selama lebih dari satu dekade. Aplikasi ini populer di seluruh dunia dan telah menjadi alat komunikasi yang vital bagi banyak orang, baik secara pribadi maupun profesional.

Skype menawarkan fitur panggilan video yang mudah digunakan dan stabil, yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur pesan instan dan panggilan suara, yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dalam berbagai bentuk sesuai kebutuhan mereka.

4. Microsoft Teams

Microsoft Teams adalah aplikasi kolaborasi yang dirancang khusus untuk memudahkan komunikasi dan kerja sama dalam tim. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur seperti pesan instan, panggilan audio dan video, dan fitur kolaborasi dokumen.

Fitur utama dari Microsoft Teams adalah kemampuan untuk membuat ruang obrolan tim yang disesuaikan dengan kebutuhan proyek atau tim. Ini memungkinkan tim untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dalam waktu nyata, dan juga menyimpan catatan percakapan untuk referensi di masa depan.

5. Delta Chat

Delta Chat adalah aplikasi pesan instan open-source yang berfokus pada privasi dan keamanan pengguna. Aplikasi ini menyediakan layanan pesan instan seperti yang biasa Anda temukan di aplikasi pesan lainnya, tetapi dengan keamanan yang lebih tinggi.

Aplikasi ini menggunakan protokol email sebagai dasar komunikasi, yang membuatnya sangat aman dan terenkripsi end-to-end.

Delta Chat juga menawarkan fitur unik yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan tanpa perlu mendaftar akun baru. Pengguna cukup menghubungkan aplikasi dengan akun email mereka dan dapat langsung mulai mengirim pesan.

6. Google Messages

Salah satu fitur menarik dari Google Messages adalah fitur “RCS” (Rich Communication Services), yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan pengguna lain yang juga menggunakan RCS.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks yang lebih panjang, serta gambar dan video berkualitas tinggi.

Google Messages juga menyediakan fitur “Smart Reply”, yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan balasan cepat dengan satu kali ketukan, serta fitur “Google Assistant” yang dapat membantu pengguna mencari informasi atau melakukan tugas lainnya tanpa meninggalkan aplikasi.

7. Wire

Selain fitur keamanan, Wire juga menawarkan berbagai fitur kolaborasi, seperti layanan panggilan suara dan video berkualitas tinggi, kemampuan untuk membagikan file dengan mudah, dan fitur untuk membuat obrolan grup dengan anggota hingga 128 orang.

Wire juga menyediakan integrasi dengan aplikasi lain, seperti Dropbox dan YouTube, serta dapat digunakan di berbagai platform, termasuk Windows, macOS, iOS, dan Android.

Secara keseluruhan, Wire adalah aplikasi pesan instan yang sangat aman dan canggih, yang cocok untuk pengguna yang peduli dengan privasi dan keamanan.

8. Discord

Discord adalah aplikasi pesan instan populer yang dirancang khusus untuk para gamer. Aplikasi ini menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara real-time dengan anggota lainnya, serta berbagi file dan gambar.

Fitur unik dari Discord adalah “server”, yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan bergabung dengan komunitas berdasarkan minat atau game tertentu.

Di dalam server, pengguna dapat berinteraksi dengan anggota lainnya melalui obrolan teks, suara, atau video, serta bergabung dalam saluran suara untuk bermain game bersama.

9. Threema

Threema tidak memerlukan nomor telepon untuk mendaftar, sehingga pengguna dapat menjaga anonimitas mereka. Aplikasi ini juga tidak mengumpulkan data pribadi pengguna, sehingga pengguna dapat merasa aman dan tenang dalam berkomunikasi.

Threema juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti kemampuan untuk mengirim pesan yang dijadwalkan, kemampuan untuk menghapus pesan secara permanen dari kedua belah pihak, dan fitur untuk membuat obrolan grup dengan anggota hingga 256 orang.

Aplikasi ini juga dapat digunakan di berbagai platform, termasuk Android, iOS, dan Windows.

10. Viber Messenger

Viber menawarkan berbagai stiker dan emoji yang dapat digunakan untuk mengekspresikan diri secara lebih kreatif dan lucu. Pengguna juga dapat memasang tema dan wallpaper yang berbeda untuk mengubah tampilan aplikasi.

Viber juga dilengkapi dengan fitur keamanan, seperti enkripsi end-to-end untuk pesan dan panggilan suara atau video, serta kemampuan untuk mengatur privasi dengan mudah.

Jika Sobat Androbuntu mencari alternatif untuk aplikasi pesan instan yang mudah digunakan dan populer, Viber bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dicoba.

Dari 10 aplikasi chatting terbaik untuk Android selain WhatsApp yang telah kami ulas di atas, pastinya ada yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu dalam berkomunikasi dengan keluarga, teman, atau rekan kerja.

Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga penting untuk menyesuaikan dengan kebutuhanmu. Namun yang pasti, dengan banyaknya alternatif aplikasi chatting yang tersedia, kamu dapat memilih aplikasi yang lebih cocok untukmu dan tetap dapat berkomunikasi dengan mudah dan efektif.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari