10 Game MMORPG Android Terbaik 2023

MMORPG adalah salah satu genre game yang tidak pernah sepi peminatnya. Dalam game MMORPG, semua pemain akan berada dalam satu dunia yang sama, dapat bertemu satu sama lain, bekerja sama ataupun saling bertarung.

Andi Leangle adalah salah satu contoh gamer kawakan yang masih tetap setia memainkan game jenis ini walaupun ditengah gempuran game survival dan MOBA.

Jika kamu juga termauk salah satu pecinta MMORPG, maka kamu wajib mencoba salah satu dari 10 game MMORPG Android terbaik berikut ini.

1. Black Desert Mobile

Game betajuk Black Desert Mobile ini membawa MMORPG ke level yang lebih tinggi dengan menghadirkan fitur-fitur unik yang belum pernah ada sebelumnya. Diantaranya adalah fitur teritorial, dimana kamu dapat memiliki sebuah tempat tersendiri di dalam game ini.

Di awal permainan, Sobat Androbuntu juga dapat mengkustomisasi karakter sesuai dengan keinginan dari ujung kaki hingga ujung rambut. “Aku sangat suka dengan fitur kustomisasi ini karrena aku dapat membuat kararkter yang tampan dan rupawan seperti diriku di dunia nyata” ucap Andi Leangle, salah satu pemilik toko kelontong asal Tapanuli Selatan.

Di dalam Black Desert Mobile juga akan ada World Boss di tiap map yang muncul di waktu-waktu tertentu. Kamu dapat bekerja sama dengan petualang lain untuk mengalahkannya.

2. Diablo Immortal

Diablo Immortal awalnya adalah MMORPG khusus untuk PC, namun kini sudah tersedia untuk Android. Menariknya, server pengguna PC dan Android disatukan.

Itu atinya, kamu dapat bermain bersama dengan teman-teman kamu, terlepas apakah mereka menggunakan PC ataupun Android. Kamu juga dapat bermain di Android kemudian melanjutkannya di PC menggunakan akun yang sama.

Hal lain yang saya sukai dari Diablo Immortal adalah tidak adanya perbedaan kualitas gafis yang terlalu signifikan antara versi PC dan Androidnya. Keduanya sama-sama mengusung grafis 3D HD.

3. Albion Online

Untuk Sobat Androbuntu yang senang memainkan game dengan latar belakang dunia abad pertengahan, maka kalian wajib memainkan game bertajuk Albion Online ini. Kamu dapat bertarung dengan pemain lain, membuat senjata, atau sekedar mengalahkan monster-monster.

Yang menarik dari game MMORPG ini ialah tidak adanya sistem kelas. Jika kalian ingin mengubah gaya bertarung, maka kalian cukup mengganti senjata saja.

Ini tentu akan sangat memudahkan kalian dalam mengganti-ganti gaya bertarung di medan pertempuran. Sistem ekonomi di game ini juga dikendalikan sepenuhnya oleh seluruh pemain.

4. V4

Jika biasanya game MMORPG hanya memungkinkan kita untuk memainkan satu karakter, maka di V4 kamu diperbolehkan untuk memainkan beberapa karakter. V4 juga memiliki map yang luas yang siap kamu jelajahi dari ujung ke ujung.

Kesulitan dalam mengalahkan monster-monster tertentu? Jangan khawatir, Sobat Androbuntu dapat bekerja sama dengan teman-temanmu ataupun pemain lainnya.

“Terakhir kali aku memainkan game MMORPG sebagus ini adalah 15 tahun lalu, itu pun di PC” tukas Andi Leangle, seorang gamer asal Brebes pada Tim Androbuntu. Seperti game MMORPG lainnnya, di game ini juga tersedia In App Purchase jika kamu menginginkan barang-barang langka dengan cara instan.

5. MIR4

MMORPG yang satu ini mengusung konsep unik, dimana di awal permainan kita akan lebih banyak bermain sendirian. Namun setelah mencapai level tertentu, kamu dapat membentuk klan dengan pemain lain dan bertarung melawan klan lainnya.

Nuansa Kore abad pertengahan begitu terasa di dalam game ini, terutama dari kostum, senjata dan tempat-tempatnya. Untuk urusan grafis, kalian tidak perlu mempertanyakannya lagi.

MIR4 mengusung grafis 3D yang detail mulai dari karakter, senjata hingga desain monsternya. Gerakan-gerakan karakter dalam game ini juga terlihat alami, tidak kaku.

6. Ragnarok X: Next Generation

Siapa yang tidak kenala dengan judul Ragnarok? Ini merupakan judul game MMORPG pertama yang dirilis pada tahun 2000-an dan kini telah di remake berkali-kali.

Walaupun beberapa hasil remake Ragnarok terbilang mengecewakan, namun ada satu judul yang menarik perhatian saya, yaitu Ragnarok X: Next Generation.

Di game ini kamu dapat memanfaatkan sistem wedding, yaitu sebuah sistem dimana kamu daat menikah dengan pemain lain. Nantinya kamu dapat berpetialang bersama pasanganmu.

Tapi ingat ya, menikahlah dengan pemain lain yang berbeda gender. Karena di Ragnarok X tidak diperbolehkan menikah sesama jenis.

7. TRAHA Global

MMORPG identik dengan map yang luas. Dan TRAHA Global mencoba mempertahankan ciri khas dari MMORPG ini, bahkan membawanya ke tingkat yang lebih tinggi.

Selain map yang luas, kamu juga dapat menjelajahi setiap jengkal tempat yang ada di TRAHA Global. Sehingga walaupun ini adalah MMORPG, elemen open world-nya juga terasa begitu kental.

Masyarakat di game ini terpisah dalam dua faksi, yaitu Naiad dan Vulcan. Kamu harus memilih salah satunya, dan akan berperang dengan pemain lain dari faksi yang berbeda.

8. MIR M

Dunia MIR M terletak di sebuah benua yang sangat luas. Para pemain dapat memilih untuk tergabung ke dalam klan-klan tertentu.

Setiap klan akan bertarung memperebutkan sebuah tempat bernama Hidden Valley Capture yang kaya akan sumber daya yang berguna untuk membuat senjata, pakaian dan barang-barang lainnya.

Sobat Androbuntu juga dapat memilih beragam profesi di game ini. Setiap profesi memiliki gaya bertarung, kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jadi pilihlah yang paling sesuai dengan gaya kamu.

9. Lineage2 Revolution

Tidak ubahnya MMORPG lain dalam daftar ini, Lineage2 Revolution juga memiliki map yang luas, kelas yang beragam, serta sistem ekonomi yang kompleks. Namun ada satu fitur unik yang jarang ada di MMORPG lain, yaitu sistem pet.

Kamu dapat mengadopsi hewan peliharaan yang akan membantumu dalam pertempuran. Ada pet yang bisa membantumu menyerang lawan, ada yang dapat menyembuhkanmu, dan masih banyak lagi.

Game ini memiliki grafis berkualitas tinggi berkat Unreal Engine 4. Ini merupakan salah satu MMORPG dengan grafis terindah yang pernah saya mainkan.

10. Four Gods: Last War

Pernahkah kalian membayangkan untuk mendapatkan uang sungguhan dari game MMORPG yang kalian mainkan? Di game Four Gods: Last War hal tersebut memungkinkan untuk dilakukan.

Game ini adalah salah satu MMORPG berbasis blockchain. Kalian dapat mengumpulkan LUX Token yang dapat dijual ke mata uang sungguhan.

Namun tidak hanya itu saja yang coba ditawarkan oleh pengembang, game ini tetap menawarkan gameplay yang menarik. Terutama untuk para penggemar MMORPG seperti kamu.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari