Wajib Tahu! Ini Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi

Xiaomi adalah salah satu merek yang diperhitungkan oleh banyak orang ketika ingin membeli sebuah HP Android. Bahkan di Indonesia, Xiaomi merupakan merek yang sangat terkenal.

Sama seperti pabrikan lainnya, Xiaomi juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan mengetahui keduanya, maka kamu dapat menentukan apakah akan menggunakan produk buatan mereka atau tidak.

Atau paling tidak kamu akan lebih tahu apa saja yang akan kamu dapatkan ketika membeli HP Android buatan mereka.

​​Baca juga:​​ Cara Mengetahui HP Xiaomi Asli atau Palsu

Kelebihan HP Xiaomi

Berikut ini adalah 5 kelebihan HP Xiaomi berdasarkan pengalaman saya menggunakannya. Serta dari observasi yang saya lakukan sendiri.

1. Harganya Relatif Murah

Sudah menjadi rahasia umum jika salah satu daya tarik utama HP buatan Xiaomi ialah harganya yang lebih murah dibandingkan dengan pabrikan lain.

Sebenarnya ada banyak alasan kenapa Xiaomi berani membanderol HP buatannya dengan harga murah. Namun salah satu alasannya adalah dari strategi marketing mereka.

Xiaomi tidak menggunakan media konvensional seperti TV untuk mengiklankan produknya. Jadi biaya marketing yang rendah tersebut memungkinkan mereka untuk menjual HP dengan harga lebih murah.

​​2. Komunitas yang Kuat

Xiaomi adalah salah satu dari sekian sedikit pabrikan HP Android yang memiliki basis pengguna yang kuat. Kamu dapat menemukan ada banyak grup pengguna HP Xiaomi di Facebook, Kaskus, Reddit atau situs-situs lainnya.

Jika sewaktu-waktu kamu mendapatkan kendala saat menggunakan HP Xiaomi, kamu dapat memanfaatkan grup-grup tersebut untuk bertanya. Kamu akan menemukan jawaban dari masalah HP Xiaomi kamu.

Hal seperti ini belum tentu bisa kamu dapatkan jika menggunakan HP Android merek lain. Terutama dari merek-merek yang belum terkenal.

3. Antarmuka HP Xiaomi Begitu Menarik

Xiaomi merupakan salah satu pabrikan HP Android yang sangat peduli dari sisi software. MIUI tidak bisa dipungkiri lagi merupakan salah satu antarmuka Android terindah yang pernah ada.

Kemudian pada 26 Oktober 2023 Xiaomi mengumumkan mereka akan menggunakan HyperOS, yaiu antarmuka Android penerus MIUI yang lebih menarik dengan segudang fitur.

Jadi jika Sobat Androbuntu ingin menggunakan HP Android dengan tampilan yang indah dan fitur berlimpah, maka HP Xiaomi bisa menjadi pilihan.

4. Produk-produk yang Inovatif

​​Sebuah perusahaan tidak akan berkembang jika tidak melakukan inovasi secara terus menerus.​​ ​​Ketika tidak melakukan inovasi, artinya produk-produk yang dihasilkan juga akan monoton dan biasa saja.​​

​​Untungnya, Xiaomi bukan termasuk perusahaan seperti itu.​​ ​​Xiaomi terus menghadirkan invoasi baru di produk-produk ponsel pintar buatannya.​​

Salah satu inovasi yang dilakukan Xiaomi secara terus menerus ialah terus memperbarui software mereka. Kini mereka me-rebranding MIUI menjadi HyperOS dengan fitur dan tampilan yang lebih menarik.

​​5. Desain yang Elegan

Walaupun sebagian HP Xiaomi dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan kompetitornya, namun HP Xiaomi tetap terlihat elegan. Tidak murahan seperi HP dengan merek yang tidak jelas.

Apalagi kini banyak HP Xiaomi yang menggunakan desain layar punch hole yang membuatnya terlihat seperi HP flagship.

Untuk urusan desain, Xiaomi memang salah satu yang terbaik. Jadi bagi kalian yang memperhatikan desain, Xiaomi bisa menjadi pilihan.

​​5 Kekurangan HP Xiaomi

Saya sendiri juga pernah menggunakan HP Xiaomi beberapa tahun lalu sebelum akhirnya beralih menggunakan Samsung. Saya mengalami beberapa hal yang akan saya tulis dibawah ini.

Sedangkan sisanya adalah apa yang pernah saya baca di internet, yaitu keluhan-keluhan dari pengguna Xiaomi.

​​1. Sering Ada Bugs

​​Xiaomi sepertinya harus benar-benar memperhatikan hal yang satu ini.​​ Ada banyak sekali orang mengeluhkan mengenai bugs di HP Android buatan mereka.

Terkadang ada yang mengeluhkan masalah baterai yang cepat habis. Kamera yang tiba-tiba mati dan tidak bisa digunakan.

Hingga bugs ringan seperi tidak dapat menginstal aplikasi tertentu. Intinya, ada banyak sekali bugs yang mungkin akan kalian temukan di HP Xiaomi.

​​2. Terlalu Banyak Varian dengan Spesifikasi Mirip

Poin yang satu ini mungkin cukup kontroversial. Sebagian dari kalian mungkin akan menganggap ini sebagai kelebihan, sebagian lagi akan menganggapnya sebagai kekurangan.

Jika kalian perhatikan, Xiaomi memiliki banyak sekali tipe HP dengan spesifikasi yang mirip satu sama lain. Perbedaannya tidak terlalu signifikan.

Ini akan membingungkan para calon pembeli, terutama untuk mereka yang tidak terlalu paham urusan spesifikasi.

​​3. Ada Banyak Iklan

Xiaomi mendapatkan keuntungan yang tipis dari hasil penjualan HP mereka karena mereka menjualnya dengan harga yang relatif murah. Karenanya, mereka harus memutar otak untuk mendapatkan keuntungan tambahan.

Salah satu caranya ialah dengan menampilkan iklan pada aplikasi-aplikasi bawaan mereka seperti browser, file manager dan masih banyak lagi.

Melalui iklan yang ditampilkan pada aplikasi-aplikasi tersebut, mereka akan mendapatkan keuntungan tambahan. Jadi mereka tetap dapat berjualan HP dengan harga yang murah.

​​4. Build Quality Kalah dengan Brand Lain

Salah satu hal penting yang wajib kalian perhatikan ketika membeli sebuah HP adalah build quality-nya. Ini akan menentukan seberapa lama Sobat Androbuntu dapat menggunakan HP tersebut.

Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa build quality HP Xiaomi tidak terlalu bagus dibandingkan merek lain. Terutama untuk perangkat low end mereka.

Jika kalian menginginkan build quality terbaik, saya sarankan kalian membeli HP Xiaomi kelas flagship atau seri tertinggi mereka. Dengan begitu kalian dapat menggunakannya dalam jangka waktu yang lebih lama.

​​5. Harga Jual Kembali yang Rendah

Kekurangan dari HP Xiaomi lainnya yang juga sering dikeluhkan penggunanya adalah harga jual kembalinya yang rendah.

Hal ini sebenarnya disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah karena ada banyak tipe baru yang bermunculan hampir setiap bulannya.

Jadi, alih-alih membeli HP Xiaomi bekas, orang-orang lebih suka membeli tipe terbaru. Alhasil HP Xiaomi bekas harganya akan anjlok karena jika dijual terlalu tinggi akan sulit laku.

Itu dia tadi beberapa kelebihan dan kekurangan dari HP Xiaomi. Semoga informasi ini berguna untuk kalian yang sedang mempertimbangkan untuk membeli HP Xiaomi, entah itu yang baru ataupun bekas.

Ikuti TikTok Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari