Apa itu MSA di HP Xiaomi? Ini Fungsi dan Cara Menonaktifkannya

Untuk para pengguna HP Xiaomi, pasti kamu pernah melihat adanya aplikasi sistem bernama MSA bukan? Aplikasi ini tidak dapat diakses dan tidak memiliki peluncur seperti aplikasi lainnya.

Aplikasi ini merupakan aplikasi sistem dan berjalan di latar belakang. Jadi aplikasi ini tidak memerlukan intervensi dari pengguna.

Uniknya, aplikasi MSA ini hanya ada di HP buatan Xiaomi. Kamu tidak akan menemukan aplikasi MSA di HP Android buatan pabrikan lain seperti Sony, Acer, Asus, Samsung dan lainnya.

Namun banyak diantara kalian mungkin bertanya-tanya, apa sebenarnya fungsi aplikasi bernama MSA di HP Xiaomi ini? Dan apakah aplikasi ini aman untuk dihapus?

Baca juga: Cara Mengambil Screenshot di HP Xiaomi

Apa itu MSA di HP Xiaomi?

MSA adalah singkatan dari MIUI System Ads. Seperti namanya, fungsi dari aplikasi ini ialah untuk menampilkan iklan di HP Xiaomi.

Iklan yang ditampilkan oleh MSA biasa berupa push notification, yang akan muncul di bilah notifikasi HP Xiaomi milik Sobat Androbuntu.

Iklan tersebut jika kalian sentuh maka akan langsung membuka halaman web tertentu menggunakan aplikasi browser bawaan Xiaomi. Ya, walaupun kalian menggunakan browser lain sebagai browser default, namun yang akan digunakan untuk membuka iklan tersebut adalah browser default Xiaomi.

Apakah Aplikasi MSA Dapat Dihapus?

Jawaban singkatnya adalah bisa. Namun untuk dapat melakukan ini akan ada serangkaian prosedur yang cukup rumit yang harus kalian lakukan.

Cara pertama HP Xiaomi kalian harus terlebih dahulu di-root. Dan cara kedua adalah dengan menggunakan metode ADB.

Tanpa masuk ke kedua metode tersebut, maka aplikasi MSA tidak dapat dihapus dari HP Xiaomi kalian. Ini merupakan aplikasi sistem, jadi tidak akan dapat dihapus menggunakan cara biasa.

Tapi jika HP Xiaomi kalian sudah di-root atau kalian masuk ke ADB, maka aplikasi MSA ini sangat aman untuk dihapus dari HP Xiaomi kalian. Setelah aplikasi MSA dihapus, justru kalian tidak akan melihat iklan yang muncul di bilah notifikasi.

Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa MSA merupakan aplikasi sistem yang digunakan Xiaomi untuk menampilkan iklan. Jadi jika MSA dinonaktifkan, kamu tidak akan lagi melihat adanya iklan di HP Xiaomi kamu.

Bagaimana caranya?

Yang pasti HP Xiaomi kamu harus di root terlebih dahulu. Setelah di root, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Link2SD.

Tutorial lengkapnya bisa kamu baca disini.

Ikuti TikTok Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari