Cara Menonaktifkan WhatsApp di Android

Secara default, WhatsApp adalah aplikasi yang selalu aktif di latar belakang. Itu artinya, walaupun kamu tidak membukanya secara langsung, aplikasi ini sebenarnya tetap berjalan.

Itu adalah hal wajar, mengingat WhatsApp adalah aplikasi pesanan instan. Ia harus terus berjalan di latar belakang untuk memantau setiap pesan baru yang masuk.

Namun walaupun terus berjalan di latar belakang, penggunaan data internet WhatsApp masih terhitung wajar. Tidak terlalu besar seperti aplikasi media sosial lainnya.

Untuk penggunaan RAM, WhatsApp di kenal lebih hemat dibandingkan dengan aplikasi pesan instan lain seperti LINE, Facebook Messenger, dan semacamnya. Ini mengingat WhatsApp merupakan aplikasi yang cukup simpel, terutama dari segitu fitur.

Namun ada kalanya kamu ingin agar WhatsApp tidak berjalan di latar belakang untuk sementara. Apa pun alasannya.

Salah satu alasannya adalah kamu sedang tidak ingin diganggu oleh teman-teman atau pacar melalui WhatsApp. Entah karena kamu ingin fokus bekerja, belajar, ataupun bermain game online.

Tapi pertanyaannya, apakah bisa menonaktifkan WhatsApp untuk sementara waktu di HP Android? Tentu saja bisa. Kamu bisa menonaktifkan WhatsApp tanpa perlu mencopotnya.

Ini akan jauh lebih praktis dan simpel, ketimbang kamu harus mencopotnya. Jika kamu ingin mengaktifkannya kembali, kamu tidak perlu melakukan pemasangan ulang atau login kembali.

Cukup ketuk saja ikon aplikasi WhatsApp. Maka aplikasi pesan instan ini akan secara otomatis aktif kembali. Semua pesan yang diterima selama kamu menonaktifkannya, akan langsung masuk ke akun kamu, tentu HP kamu harus terhubung dengan internet ya.

3 Cara Menonaktifkan WhatsApp untuk Sementara di Android

whatsapp di iphone

Cara ini bisa kamu terapkan untuk berbagai macam merk dan tipe HP Android. Mulai dari Xiaomi, Samsung, Advan, Sony, Acer, Asus, LG, Oppo, dan masih banyak lagi. Yang penting HP kamu menggunakan Android.

1. Menggunakan Aplikasi Link2SD

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi bernama Link2SD.

Aplikasi ini serbaguna karena memiliki banyak fitur. Salah satunya adalah untuk menonaktifkan aplikasi untuk sementara di Android.

Untuk menonaktifkan WA melalui aplikasi Link2SD, ikuti langkah sederhana berikut:

  • Buka Link2SD > Pilih aplikasi WhatsApp > Bekukan

Selesai. Sekarang aplikasi WhatsApp di Android telah dibekukan dan tidak akan berjalan sampai kamu mengaktifkannya kembali. Tidak akan ada pesan yang masuk di WhatsApp kamu.

Untuk tutorial lengkapnya, kamu bisa membaca artikel Androbuntu yang berjudul Cara Membekukan Aplikasi Android Menggunakan Link2SD.

Apa arti dari dibekukan? Artinya adalah aplikasi yang kamu pilih akan dinonaktifkan untuk sementara waktu. Aplikasi tersebut tidak akan berjalan sampai kamu mengaktifkannya kembali melalui Link2SD.

Kelebihan menggunakan Link2SD ialah kamu dapat menonaktifkan hampir semua aplikasi. Bahkan aplikasi sistem.

Namun kekurangannya, HP Android kamu harus di root terlebih dahulu.

2. Melalui Pengaturan Sistem

Jika kamu tidak bisa menggunakan aplikasi Link2SD karena HP Android kamu belum di root, tenang saja. Ada cara lain yang bisa kamu gunakan.

Cara kedua ini bisa dikatakan lebih simpel dibandingkan cara diatas karena hanya memanfaatkan pengaturan bawaan Android. Kamu tidak perlu memasang aplikasi atau pun me-root Android.

Tanpa panjang lebar, berikut ini adalah cara menonaktifkan WhatsApp di Android:

  • Buka Setelan > Aplikasi > WhatsApp > Paksa berhenti

Sekarang WhatsApp akan berhenti berjalan dan tidak akan bisa menerima pesan lagi walaupun smartphone kamu sedang terhubung ke internet.

Tapi ingat ya, jangan sampai kamu membuka aplikasi WhatsApp. Karena kalau kamu buka, maka WhatsApp akan secara otomatis aktif kembali.

Dan kemudian semua pesan yang teman kamu kirim akan masuk ke WA kamu saat itu juga.

3. Menggunakan Aplikasi Keamanan

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa WhatsApp membutuhkan koneksi internet agar bisa berjalan sesuai dengan fungsinya, mulai dari menerima hingga mengirim pesan.

Karena itu, kita bisa menonaktifkan akses internet WhatsApp. Dengan begitu ia tidak dapat menerima pesan dari siapapun juga.

Dengan begitu WhatsApp akan secara otomatis menjadi nonaktif karena tidak bisa mengirim dan menerima pesan.

Nah, untuk melakukan ini, kamu bisa memanfaatkan fitur “Keamanan” yang biasanya sudah terinstall secara default di smartphone kamu.

Androbuntu juga sudah pernah membahas secara lengkap mengenai fitur yang satu ini, kamu bisa membacanya pada artikel Cara Mencegah Aplikasi Menggunakan Internet Di Smartphone Android.

Kesimpulan

Nah, kawan. Itu dia tadi 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan WhatsApp untuk sementara waktu di Android. Cara ini bisa kamu lakukan ketika sedang ingin berkonsentrasi mengerjakan sesuatu atau main game.

Jadi, WhatsApp tidak akan menerima pesan dari siapapun.

Apakah cara ini aman?

Aman. WhatsApp kamu tidak akan di ban hanya karena dinonaktifkan. Kemungkinan terburuk yang akan terjadi hanyalah teman-teman kamu akan mengira kamu memblokir mereka.

Jadi ada baiknya kamu memberi mereka kabar bahwa kamu hanya menonaktifkan WhatsApp untuk sementara. Sehingga mereka tidak khawatir.

Bagaimana dengan grup-grup WhatsApp yang saya ikuti?

Kamu akan tetap tergabung ke seluruh grup yang kamu ikuti di WhatsApp. Kamu tidak akan keluar dari grup mana pun. Kecuali jika memang kamu melakukannya.

Terakhir diperbarui: 20 Mei 2021.

Artikel lainnya:

Senior "Hello world" programmer, coffee addict.