Bagaimana Cara Membatalkan Pesanan di Alfagift?

Alfagift adalah aplikasi resmi dari Alfamart yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Melalui aplikasi Alfagift, kita dapat melakukan pembelian semua produk yang dijual di Alfamart secara online.

Setelah barang-barang dipesan, maka pesanan tersebut akan diantarkan ke rumah kita oleh kurir dari Alfagift. Barang akan dikirim dari Alfamart terdekat dari rumah kita sehingga proses pengirimannya jauh lebih cepat.

Metode pembayaran yang tersedia di Alfagift juga beragam, mulai dari e-wallet seperti Gopay dan Shopeepay, hingga transfer bank dan Cash On Delivery (COD).

Namun dibalik kemudahannya tersebut, ada satu kekurangan pada aplikasi Alfagift. Yaitu belum tersedianya fitur untuk membatalkan pesanan.

Di banyak aplikasi pemesanan makanan seperti ojek online, kita dapat melakukan pembatalan pesanan, bahkan tanpa ada potongan. Ini sangat berguna jika kita melakukan kesalahan pemesanan dan ingin menukarnya.

Karenanya banyak pengguna Alfagift mencari tahu di internet bagaimana cara untuk membatalkan pesanan.

Walaupun belum ada fitur pembatalan pesanan, sebenarnya ada beberapa trik yang dapat kamu gunakan untuk membatalkan pesanan yang tidak kamu inginkan.

Baca juga: Apakah J&T Bisa COD (Bayar Ditempat)? Ini Penjelasannya

Jika Belum Membayar Pesanan

Seperti yang tadi saya katakan bahwa Sobat Androbuntu dapat membayar pesanan di Alfagift dengan beberapa cara, mulai dari e-wallet, transfer bank, hingga COD.

Jika kamu memilih pembayaran selain COD, itu artinya ada kemungkinan kamu ingin membatalkan pesanan sebelum kamu melunasi pembayaran.

Maka kabar baiknya adalah, kamu dapat membatalkan pesanan dengan cara yang relatif mudah. Yaitu kamu hanya perlu menunggu waktu pembayaran habis.

Saat waktu pembayaran habis dan kamu belum melaukan pembayaran, maka pesanan tersebut akan secara otomatis dibatalkan oleh sistem.

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan kurir dari Alfagift. Karena mereka tidak akan berangkat mengantarkan pesanan sebelum kamu melakukan pembayaran.

Jika Sudah Membayar

Jika kamu sudah terlanjur melakukan pembayaran kemudian ingin membatalkan pesanan di Alfagift, maka ada beberapa cara yang bisa kamu coba. Namun cara-cara ini tidak terjamin keberhasilannya.

Sebelum mengirimkan pesanan, biasanya kurir dari Alfagift akan mengirimkan kita pesan di WhatsApp dan meminta kita untuk membagikan lokasi atau meminta alamat lengkap kita.

Disinilah kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk melakukan pembatalan pesanan. Katakan alasan yang masuk akal kenapa kamu ingin membatalkan pesanan tersebut. Berikut ini beberapa alasan yang masuk akal tersebut:

  • Salah memasukkkan pesanan dan ingin memesan ulang;
  • Ada barang yang tidak sengaja dipesan;
  • Pesanan dilakukan secara tidak sengaja;
  • Dan semacamnya.

Jika alasannya memang diterima oleh si kurir, maka pihak kurir akan membatalkan pesanan tersebut.

Cara berikutnya yang dapat kamu coba ialah dengan melalui aplikasi Alfagift secara langsung. Masuk ke menu Akun > Hubungi Kami.

Kemudian pada kolom pessan, masukkan alasan kenapa kamu ingin membatalkan pesanan tersebut. Pastikan kalian membatalkan pesanan tersebut sesaat setelah pesanan dipesan.

Dengan begitu kurir dari pihak Alfagift belum sempat berangkat untuk mengirimkan pesanan tersebut.

Ikuti TikTok Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari