Apa itu CroxyProxy dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

CroxyProxy adalah sebuah layanan proxy web gratis yang memungkinkan kamu mengakses berbagai macam situs web, seperti situs video, mesin pencari, media sosial, layanan email, dan lainnya, dengan koneksi terenkripsi dan alamat IP tersembunyi. Jadi, alih-alih mengunjungi suatu situs secara langsung, lalu lintas kamu akan dialihkan terlebih dahulu oleh CroxyProxy.

Kamu dapat menggunakan CroxyProxy untuk banyak hal. Mulai dari mengunjungi situs yang diblokir di Indonesia hingga menyembunyikan alama IP kamu ketika berselancara di internet.

Proxy web sendiri adalah sebuah server yang berfungsi sebagai perantara antara kamu dan situs web yang kamu kunjungi. Sekilas, cara kerja proxy web mirip dengan VPN, namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup besar.

Untuk menggunakan proxy web seperti CroxyProxy, kamu cukup mengunjungi situs mereka. Lalu disana kamu dapat memasukkan alamat web yang ingin kamu kunjungi.

Sedangkan untuk menggunakan VPN, kamu wajib mengunduh aplikasi VPN. Entah itu di Android, iPhone, tablet ataupun komputer, kamu wajib mengunduh aplikasi atau ekstensi dari VPN yang ingin kamu gunakan.

Dengan menggunakan proxy web, kamu bisa menyembunyikan identitas dan lokasi kamu dari situs web yang kamu akses, sehingga sangat bagus untuk menjaga menjaga privasi dan keamanan kamu selama berselancar di internet. Selain itu, proxy web juga bisa membantu kamu mengatasi pemblokiran situs web oleh penyedia layanan internet, pemerintah, atau jaringan wifi yang kamu gunakan.

Baca juga: Cara Mencari Video Viral di Yandex

Apa itu CroxyProxy?

CroxyProxy adalah salah satu penyedia proxy web yang paling populer saat ini. Proxy web ini dapat kamu gunakan secara gratis. CroxyProxy memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • CroxyProxy dapat digunakan untuk membuka hampir semua situs web, termasuk situs web yang menggunakan teknologi web modern seperti HTML5, WebRTC, WebSockets, dan lainnya. Jadi kamu tidak akan menemukan kendala ketika mengakses sebuah situs web melalui CroxyProxy.
  • CroxyProxy menawarkan koneksi terenkripsi dengan protokol HTTPS, yang berarti data kamu akan dienkripsi sebelum dikirim ke server proxy dan sebelum diterima oleh situs web tujuan. Hal ini akan melindungi data kamu dari penyadapan, peretasan, atau pencurian. Menariknya, fitur ini sudah aktif secara default tanpa memerlukan konfigurasi manual.
  • CroxyProxy menyediakan fitur permalink, yang memungkinkan kamu membuat tautan permanen ke situs web yang kamu akses melalui proxy. Kamu bisa berbagi tautan tersebut dengan orang lain, atau menyimpannya untuk digunakan di kemudian hari. Ini sangat berguna untuk kamu yang sering mengujungi situs web yang sama secara berulang-ulang menggunakan CroxyProxy.
  • CroxyProxy tidak memerlukan instalasi atau konfigurasi apapun. Kamu cukup mengunjungi situs web resmi CroxyProxy, memasukkan alamat situs web yang kamu ingin akses, dan menekan tombol “Go”.

Sebelum menggunakan CroxyProxy, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

  • CroxyProxy adalah layanan proxy web gratis, yang berarti ada batasan penggunaan dan iklan yang mungkin muncul saat kamu mengakses situs web melalui layanan mereka. Kamu bisa menghapus iklan dengan berlangganan ke versi premium CroxyProxy, yang juga memberikan kamu kecepatan dan bandwidth yang lebih tinggi. Namun berdasarkan pengalaman saya, versi gratisnya sudah lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari.
  • CroxyProxy tidak menjamin 100% anonimitas dan keamanan kamu saat menggunakan proxy. Kamu tetap harus berhati-hati dengan situs web yang kamu kunjungi, dan tidak membagikan informasi pribadi atau sensitif kamu melalui proxy. Saya juga tidak menyarankan untuk login ke layanan email, sosial media atau semacamnya melalui CroxyProxy demi alasan keamanan.
  • CroxyProxy tidak bertanggung jawab atas konten, kualitas, atau keandalan situs web yang kamu akses melalui proxy. Kamu harus memeriksa sendiri kebenaran dan keabsahan informasi yang kamu dapatkan dari situs web tersebut.

Cara Menggunakan CroxyProxy

Jika kamu tertarik menggunakan CroxyProxy, kamu dapat mengikuti panduan singkatnya dibawah ini:

  1. Buka browser favorit kalian, kemudian kunjungi situs croxyproxy.com.
  2. Tunggu hingga situs tersebut terbuka sepenuhnya. Kemudian masukkan alamat situs web yang ingin kamu kunjungi pada kolom yang ada di CroxyProxy, lalu klik tombol Go.
  3. Tunggu hingga CroxyProxy mengarahkan kamu ke situs yang ingin kamu kunjungi.
  4. Selanjutnya kamu dapat menggunakan situs web tujuan kamu seperti biasa.

Dan jika kamu perhatikan, alamat web yang tertera di kolom URL browser tidak mengarah langsung ke alamat web seperti biasanya. Melainkan menggunakan alamat IP milik CroxyProxy.

Dengan begitu penyedia layanan interne dan admin wifi tidak tahu situs apa yang kamu kunjungi. Yang dapat mereka lihat hanyalah alamat IP random yang jika diakses akan menampilkan tampilan “invalid”.

Itu dia tadi beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai apa itu CroxyProxy dan bagaimana cara menggunakannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Jika kamu memiliki pertanyaan, saran, atau masukan, silakan hubungi Tim Androbuntu melalui email atau melalui kolom komentar di salah satu video YouTube kami.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari