Cara Membuat Akun Instagram Menjadi Private

Secara default, akun Instagram yang kita buat bisa dilihat oleh siapa saja. Tidak hanya melihat akun kita, semua orang (baik pengguna terdaftar maupun tidak) dapat melihat semua foto dan video yang kita unggah.

Sedangkan untuk melihat story, hanya pengguna Instagram terdaftar yang dapat melihatnya. Tapi jika kamu mau, kamu bisa mengubah akun Instagram kamu menjadi akun private.

Apa itu akun private? Sama seperti namanya, akun private di Instagram adalah akun pribadi. Orang lain tidak akan bisa dengan bebas melihat foto dan video Instagram kita.

Orang-orang yang bisa melihat foto dan video Instagram kita hanyalah mereka yang sudah kita “restui” yaitu yang sudah menjadi follower.

Sedangkan mereka yang belum menjadi pengikut kita, hanya bisa melihat profil Instagram kita tapi tidak bisa melihat foto dan video yang telah kita unggah. Mereka hanya akan melihat logo gembok di profil Instagram kita.

Untuk kamu yang ingin mengubah profil Instagram menjadi private, bisa mengikuti tutorial Androbuntu dibawah ini.

Baca juga: Cara Membuat Foto Grid Instagram

Cara Membuat Akun Instagram Menjadi Private

Perlu diingat bahwa tutorial ini dapat diikuti oleh pengguna Android dan iOS. Yang terpenting aplikasi Instagram terpasang di perangkat kamu.

  1. Pertama buka aplikasi Instagram. Kemudian masuk ke menu Pengaturan.
Cara Membuat Akun Instagram Menjadi Private Agar Lebih Aman

2. Kemudian pada menu Pengaturan gulir ke bawah hingga kamu menemukan opsi “Akun Privat”. Geser ke kanan opsi tersebut untuk mengaktifkannya.

Cara Membuat Akun Instagram Menjadi Private Agar Lebih Aman

Akan ada semacam peringatan jika akun private hanya bisa dilihat oleh para follower. Klik “OK” kalau kamu sudah yakin untuk mengubah akun Instagram kamu menjadi private.

Cara Membuat Akun Instagram Menjadi Private Agar Lebih Aman

4. Nah, kalau sudah di private, maka tombol akan terlihat seperti dibawah ini.

Cara Membuat Akun Instagram Menjadi Private Agar Lebih Aman

Kalau memang akun Instagram kamu sudah menjadi private, maka orang-orang yang belum memfollow kamu tidak akan bisa megnintip apa foto dan video yang sudah kamu unggah.

Berikut ini adalah tampilan akun Instagram saya yang sudah di private.

Instagram Andi Leangle

Seperti yang bisa kamu lihat pada screenshot diatas, di akun saya terdapat informasi “Akun ini bersifat Pribadi”.

Yang artinya jika Sobat Androbuntu tidak mengikuti saya, kamu tidak akan bisa melihat foto dan video saya.

Mem-private akun Instagram adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan privasi kamu di Instagram. Dengan begitu, orang-orang yang ingin iseng memberikan komentar buruk dengan akun kloningan tidak akan bisa melakukannya.

Minimal mereka harus mengikti akun kamu terlebih dahulu dan dengan melalui persetujuan tentunya. Cara ini juga sangat efektif untuk menghindari stalking dari mantan ataupun orang lain.

Karena kalau mereka ingin stalking, mereka harus follow akun kamu dulu. Jadi aman deh.

Pertanyaan Seputar Akun Private Instagram

Saya sudah mem-private akun, tapi kenapa masih ada yang bisa melihat foto-foto saya?

Sudah saya katakan diatas bahwa orang yang sudah mengikuti (follow) kamu di Instagram akan dapat melihat semua feed dan story kamu. Jadi jika kamu ingin agar seseorang tidak lagi dapat melihat feed kamu, maka kamu harus menghapus mereka dari daftar follower.

Kamu bisa ikuti tutorial cara menghapus follower di Instagram.

Apakah semua feed saya tetap akan muncul di explore?

Tentu saja tidak. Jika akun kamu sudah diubah menjadi akun private, maka semua foto dan video di feed kamu tidak akan muncul di explore.

Jadi engagement kamu mungkin akan turun drastis. Jika akun kamu adalah untuk tujuan bisnis dan profit, maka mem-private akun adalah ide yang buruk.

Bisakah saya mengubah profil menjadi publik kembali?

Bisa. Kamu bisa mengubah kembali profil kamu menjadi publik kapanpun kamu mau.

Ikuti TikTok Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari