Cara Membuat Komunitas di WhatsApp

WhatsApp terus berinovasi agar tidak ditinggalkan penggunanya. Terlebih lagi banyak bermunculan aplikasi pesan instan baru yang berpotensi menggeser WhatsApp, seperti Signal dan Telegram.

Salah satu inovasi terbaru yang dilakukan WhatsApp baru-baru ini ialah menambahkan fitur yang disebut dengan Komunitas.

Secara singkat, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan beberapa grup dalam satu tempat khusus. Sehingga nantinya lebih mudah untuk dikelola.

Apa fungsinya dan bagaimana cara menggunakan fitur baru WhatsApp ini? Langsung saja baca tutorialnya dibawah ini.

Baca juga: Cara Mengubah Voice Notes WhatsApp Menjadi MP3

Apa itu Komunitas di WhatsApp dan Apa Fungsinya?

Fitur komunitas di WhatsApp berfungsi untuk mengumpulkan beberapa grup yang masih saling terhubung ke dalam satu tempat. Fitur ini cocok digunakan oleh perusahaan, sekolah, organisasi, universitas ataupun yang lainnya.

Sebagai contoh, kami di Androbuntu memiliki beberapa grup yang berbeda. Ada grup yang khusus untuk mengembangkan situs dan ada juga grup khusus YouTube.

Selanjutnya, kami memberi dua grup tersebut sebagai Androbuntu Situs dan Androbuntu YouTube.

Agar lebih mudah mengorganisir kedua grup tersebut, maka kami dapat memanfaatkan fitur komunitas. Kedua grup tersebut akan saling terhubung melalui komunitas yang kami beri nama Androbuntu Media.

Jadi kurang lebih seperti itu bagaimana fitur komunitas di WhatsApp dapat digunakan. Tentu saja jumlah grup yang dapat dimasukkan kedalam komunitas bisa lebih banyak dari 2.

Sehingga perusahaan, sekolah ataupun organisasi yang lebih besar juga dapat memanfaatkan fitur ini.

Cara Membuat Komunitas di WhatsApp

Pastikan kalian menggunakan WhatsApp versi terbaru yang sudah dilengkapi dengan fitur komunitas. Jika belum, kalian dapata memperbaruinya di App Store atau Play Store.

Jika sudah, buka aplikasi WhatsApp di HP Android atau iPhone kalian, lalu ketuk tab komunitas (tab paling kiri) dan ketuk tombol MULAI KOMUNITAS ANDA.

Cara Membuat Komunitas di WhatsApp by Androbuntu 1

Selanjutnya pilih foto untuk komunitas baru kamu, beri nama komunitas dan juga jangan lupa untuk memberikan deskripsi komunitas agar orang-orang yang tergabung didalamnya dapat mengerti tujuan dibentuknya komunitas ini.

Jika semuanya sudah di atur, ketuk tombol panah kanan yang ada dibawah aplikasi WhatsApp.

Cara Membuat Komunitas di WhatsApp by Androbuntu 2

Kemudian kalian memiliki dua pilihan, yaitu ingin membuat grup baru atau menambahkan grup yang sudah ada untuk ditambahkan ke komunitas ini.

Dalam tutorial ini saya akan coba menambahkan grup yang sudah ada. Kalian bebas ingin mengikuti saya atau membuat grup baru.

Cara Membuat Komunitas di WhatsApp by Androbuntu 3

Kemudian Sobat Androbuntu akan melihat semua grup yang kamu ikuti di WhatsApp, dengan catatan kamu adalah salah satu admin dari grup tersebut. Jika kamu bukan admin dari grup, maka grup tersebut tidak akan muncul disini.

Selanjutnya pilih grup mana yang ingin ditambahkan kedalam komunitas (kamu dapat memilih lebih dari satu grup). Jika sudah dipilih, ketuk tombol kanan hijau dibawah aplikasi WhatsApp.

Cara Membuat Komunitas di WhatsApp by Androbuntu 4

Setelah memilih grup, selanjutnya ketuk tombol ceklis untuk menyelesaikan proses pembuatan komunitas.

Cara Membuat Komunitas di WhatsApp by Androbuntu 5

Setelah komunitas selesai dibuat, kamu akan langsung melihat tampilan komunitas tersebut. Kamu dapat menambahkan grup lain jika menginginkannya.

Disini akan ada satu grup yang secara otomatis dibuat, yaitu grup yang namanya sama dengan komunitas.

Grup ini dapat kamu gunakan untuk membuat pesan pengumuman yang akan secara otomatis dapat diterima oleh semua anggota komunitas. Grup tersebut ditandai dengan ikon bergambar toa.

Cara Membuat Komunitas di WhatsApp by Androbuntu 6

Kamu dapat mengetik pesan pengumuman kedalam grup tersebut. Tampilannya sama persis dengan tampilan grup biasa yang Sobat Androbuntu ikuti.

Cara Membuat Komunitas di WhatsApp by Androbuntu 7

Tutorial diatas juga sudah saya buatkan versi videonya, sehingga mungkin akan lebih mudah dimengerti untuk sebagian besar dari kamu, silahkan tonton dibawah ini:

Artikel lainnya:

Pemikir, cowok rumahan.