5 Cara Mengatasi Error “Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti” di Android

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa HP berbasis Android merupakan HP terpopuler di Indonesia. Harganya yang bervariasi menjadi salah satu alasannya.

Nah, salah satu ciri khas Android adalah aplikasi bawaan Google. Mulai dari Gmail, Google Search, Chrome, Google Play dan lain-lain.

Semua aplikasi tersebut termasuk dalamm Gapps (Google Apps). Namun walaupun buatan Google, aplikasi-aplikasi tersebut tidak kebal error.

Buktinya, saya sering sekali mendapatkan pertanyaan seputar “Gimana sih caranya mengatasi Gapps yang error?”.

Gapps yang mengalami error biasanya akan menampilkan pesan “Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti” di HP kamu.

Kalau sudah begitu, biasanya aplikasi-aplikasi Google tidak akan bisa digunakan lagi. Jika kamu adalah pengguna Google sejati, tentu ini akan jadi hambatan.

Tapi tenang saja, karena kali ini Androbuntu.com akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi error tersebut.

Oh, ya. Cara 5 cara mengatasi error “Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti” ini bisa kamu aplikasikan ke berbagai merk HP Android ya. Mulai dari Axioo, Vivo, Evercross, Advan, Motorola, LG, HTC, Sony, Oppo, Lenovo, Xiaomi, Asus, Samsung, hingga Smartfren Andromax.

Berikut ini adalah 5 cara mengatasi error “Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti” di HP Android.

1. Restart HP Android

Me-restart HP mungkin terdengar sederhana. Tapi faktanya, merestart HP bisa jadi solusi untuk banyak kasus error. Salah satunya adalah error “Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti” di Android.

Ketika kamu melihat ada pesan error tersebut, cobalah untuk me-restart HP. Kemudian gunakan HP seperti biasanya selama beberapa saat.

Biasanya pesan error “Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti” tidak akan muncul lagi. Tapi jika masih muncul, kamu bisa mengikuti cara berikutnya dibawah ini.

2. Lakukan Factory Reset

Jika cara pertama diatas tidak berhasil, kemudian kamu bisa mencoba cara kedua ini. Yaitu dengan melakukan factory reset.

Di Androbuntu.com sendiri saya sudah pernah menulis beberapa artikel cara factory reset di HP Android. Salah satunya seperti dibawah ini.

Tapi sebelum melakukan factory reset, ada hal penting yang harus kamu lakukan. Yaitu melakukan backup data.

Karena setelah factory reset, semua data dan aplikasi kamu akan hilang.

Setelah factory reset, biasanya pesan error “Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti” akan hilang. HP kamu pun akan bisa digunakan seperti biasa lagi.

3. Update OS yang Kamu Gunakan

Vendor HP akan terus memberikan update ke beberapa tipe HP besutannya.

Update tersebut biasanya berupa penambahan fitur baru, perbaikan bugs, hingga menghilangkan error.

Nah, jika saat ini HP kamu mengalami error “Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti”, coba cek update di aplikasi updater.

Jika ada update, segera lakukan update. Setelah HP di update, biasanya error akan segera hilang.

4. Flashing Atau Install Ulang Android Kamu

Salah satu cara paling efektif menghilangkan error adalah dengan flashing atau meng-install ulang Android yang kamu gunakan di HP.

Karena dengan menginstall ulang, semua error yang ada pada sistem sebelumnya akan hilang, tergantikan dengan sistem baru yang masih fresh.

Coba cari tahu bagaimana cara install ulang atau flashing dari HP yang kamu gunakan. Kamu bisa cari tahu di grup FB, atau di Google.

5. Gunakan Custom ROM

Jika keempat cara diatas sudah kamu lakukan tapi masih muncuk error juga, maka terpaksa kamu harus melakukan cara kelima, yaitu dengan menggunakan Custom ROM.

Saya jamin, dengan menggunakan Custom ROM, kamu tidak akan lagi mengalami error “Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti”.

Karena pada dasarnya sistem lama sudah digantikan dengan sistem baru, yaitu Custom ROM. Ada banyak sekali Custom ROM yang bisa kamu gunakan, Androbuntu.com pernah membahas 12 Custom ROM terbaik untuk Android.

Nah, itu dia tadi 5 cara mengatasi error “Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti”. Dengan menerapkan cara diatas, maka HP kamu akan normal dan ringan untuk digunakan lagi.

Ikuti TikTok Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari