Cara Mengetahui Jalur Khusus untuk Plat Kendaraan Ganjil & Genap

Ramadhan tiba-ramadhan tiba…dan seterusnya mungkin adalah lagu yang saat ini sering kita dengar.

Ya, sebelum melanjutkan untuk membahas isi artikel ini, penulis ingin ucapkan Marhaban Ya Ramadhan 1443 Hijriah.

Di momen yang spesial ini, pastinya kita akan masih disibukkan dengan beberapa agenda rutin. Layaknya bekerja di kantor atau menjadi freelance writer.

Tetapi, ada satu agenda yang mungkin hanya atau sering dilakukan di bulan ramadhan, yakni mudik atau piknik.

Bagi beberapa orang, mudik dan piknik tidaklah masalah. Selama mereka mematuhi protokol kesehatan yang ada. Memakai masker, sudah menjalani vaksin, dan selalu mencuci tangan.

Tapi, apa jadinya bila daerah yang ingin kita kunjungi ataupun daerah tempat kita berada sekarang menerapkan jalur ganjil genap.

Baca juga: Cara Mengganti Ikon Mobile di Google maps

Apa itu Jalur Ganjil Genap

Aturan jalur ganjil genap adalah aturan yang mengharuskan pemilik kendaraaan dengan nomor plat yang diakhiri dengan angka ganjil atau genap untuk berada pada jalur yang sesuai.

Akhirannya ganjil maka menggunakan jalur ganjil, dan akhirannya genap maka menggunakan jalur genap.

Aturan ini dibuat untuk mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas di jalan dan tentunya untuk menghindari macet.

Aturan ini sering diterapkan di kota-kota besar, seperti Jakarta dan Bandung, Jawa Barat. Informasi terakhir aturan ganjil genap ini tetap akan berlaku meski di bulan Ramadhan sekalipun.

Lalu apa yang terjadi jika kamu sebagai pengguna kendaraan melanggar? Pastinya kamu akan berurusan dengan Polisi Lalu Lintas.

Untuk menghindari hal itu, tentunya kamu perlu perencanaan matang dan salah satunya dengan memanfaatkan teknologi bernama Google Maps.

Dengan Google Maps kamu akan dengan mudah melihat jalur mana yang diperuntukkan khusus untuk plat nomor ganjil dan genap.

Cara Mengetahui Jalur Khusus untuk Plat Kendaraan Ganjil & Genap

1. Lakukan update terlebih dahulu pada aplikasi Google Maps kamu. Kamu bisa melakukannya melalui Play Store atau melalui menu peraturan langsung di smartphone kamu.

Update Google Maps.jpg

2. Setelah melakukan update, buka aplikasi Google Maps. Inilah tampilan daripada aplikasi Google Maps

Google Maps.jpg

3. Selanjutnya, tentukan arah tujuan yang ingin kamu tuju menggunakan icon directions atau icon yang berbentuk seperti tanda panah yang sering kita temui sebagai marka jalan.

Memilih Lokasi.jpg

4. Semisal penulis ingin mendapatkan rute dari Kabupaten Bogor menuju daerah Bogor Valley Hotel. Kebetulan dari penelusuran Googledi Bogor sedang diadakan aturan Ganjil & Genap. Baca beritanya aturan ganjil genap di sini

Lokasi dipilih.jpg

5.  Perhatikan menu Opsi tepat di bagian bawah deretan icon kendaraan. Pilih menu Opsi tersebut, dan akan muncul gambar seperti di bawah ini.

6. Kamu bisa memiliki Opsi mengemudi yang mana saja sesuai dengan kehendak kamu. Di sini penulis akan gunakan jalur untuk pelat nomor genap.

Mengatur Opsi Mengemudi.jpg

7. Inilah hasil dari Opsi mengemudi yang telah penulis pilih sebelumnya.

Hasil Pengaturan Opsi Mengemudi.jpg

Kesimpulan

Itulah cara untuk mendapatkan jalur ganjil dan genap dengan mudah hanya dengan menggunakan Google Maps. Dari artikel ini juga, kita dapat memahami bahwa aturan ini dibuat untuk menghindarkan pengguna jalan dari kemacetan.

Tutorial ini sangat berguna untuk situasi-situasi sekarang dan juga menjelang lebaran, karena saat itulah kepadatan lalu lintas terjadi. Saat itu terjadi, maka opsi aturan Ganjil & Genap bisa saja diterapkan di daerah kamu atau pada daerah yang ingin kamu tuju.

Baca juga artikel untuk mendapatkan Google Maps versi offline di bawah ini:

Cara Menggunakan Google Maps secara Offline

Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel lainnya:

Menulis adalah healing terbaik.